Apa Itu CPU, RAM, dan I/O Web Hosting?

Pada saat anda mau memesan jasa web hosting, biasanya anda akan dihadapkan pada beberapa fitur yang tidak anda pahami apa maksudnya. Beberapa di antara penyedia jasa web hosting akan memberitahukan ke anda nilai CPU,  RAM, dan I/O yang dialokasikan untuk website anda untuk setiap paketnya.


Kalau anda sering mendengar istilah unlimited bandwidth, maka CPU, RAM, dan I/O ini sebenarnya adalah pembatas dari paket anda. Jadi apa itu CPU, RAM, ataupun I/O pada web hosting yang sering kita temukan di penawaran paket web hosting murah.

Ini adalah tiga sumberdaya yang bertindak sebagai pengatur dari proses yang menyajikan konten website anda ke para pengunjung. Aturan dasar dari ketiga parameter ini adalah semakin besar nilainya akan semakin baik. Tapi tentu saja ada batasan, di mana itu melebihi apa yang anda butuhkan dan hanya akan menjadi pemborosan.

Jadi apa itu CPU, RAM, dan I/O?
  • I/O adalah kecepatan dari penyerahan data yang tersimpan di dalam drives hosting anda untuk diproses.
  • RAM adalah sumberdaya yang untuk sementara menyimpan data dan instruksi untuk selanjutnya diproses.
  • CPU adalah sumber daya yang memberikan kemampuan ke komputer untuk memproses data dan mengeksekusi aplikasi-aplikasi yang diterimanya dari RAM.
Jadi kesimpulannya sederhana, semakin besar data yang bisa diolah untuk setiap waktunya, maka akan semakin besar pula trafik yang bisa ditangani tanpa menimbulkan masalah performa. Kalau CPU, RAM, ataupun I/O anda cukup terbatas, maka akan terbatas juga data yang bisa diproses.

Tipe website yang berbeda akan memerlukan porsi sumber daya yang berbeda juga. Untuk website yang memuat video atau audio, maka sumber daya I/O harus dimaksimalkan. Untuk website dengan database dinamis seperti website e-commerce yang selalu melacak data pembelian sebelumnya untuk pemberian reward diskon, maka I/O dan CPU harus mampu menangani proses ini. Sedangkan situs yang dibuat memakai JAVA akan meminta kapasitas RAM yang lebih besar.

Tapi jangan tanya berapa trafik yang bisa ditangani untuk spesifikasi CPU, RAM, dan I/O web hosting anda. Itu sepenuhnya bergantung pada ukuran rata-rata dari setiap halaman web anda. Kalau halaman web anda simpel dan sangat kecil, maka tentunya akan semakin banyak trafik yang bisa ditangani.
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.