Kapasitas Penyimpanan Data Pada Sebuah Web Hosting

kapasitas penyimpanan data web hosting
Apa itu kapasitas penyimpanan data pada sebuah web hosting? -- Ada beberapa hal penting yang harus disediakan oleh sebuah web hosting. Hal yang pertama adalah sebuah server yang stabil untuk menjalankan sebuah website. Setelah web hosting mempunyai "mesinnya", maka mereka harus menginstal software yang sesuai, seperti MAIL SMTP dan software DNS server. 

Setelah semuanya siap, maka sebuah web hosting harus menentukan adalah paket-paket apa yang harus mereka tawarkan. Ini menjadi opsi yang harus dipertimbangkan baik-baik, terutama jika mereka berencana menyediakan paket web hosting murah

Salah satu yang menjadi bagian dari penawaran paket-paket web hosting ini adalah kapasitas penyimpanan data.

Ruang Penyimpanan Data

Ruang penyimpanan data adalah jumlah ruang kapasitas pada sebuah server yang dialokasikan untuk pemilik website oleh penyedia jasa hosting. Semua ruang penyimpanan data ini akan digunakan untuk menyimpan data teks, gambar, script, email, dan semua file lainnya yang masih berkaitan dengan website anda.

Anda harus mengetahui berapa kapasitas penyimpanan data yang anda perlukan untuk membuat keputusan yang tepat paket hosting yang anda perlukan. Tentu masih banyak hal lagi yang harus anda ketahui untuk memastikan website anda selalu tersedia untuk umum di internet dengan tingkat kehandalan yang baik.

Kalau anda bingung atau benar-benar pemula, kapasitas penyimpanan web hosting ini memakai satuan yang benar-benar sama dengan yang ada di komputer anda. Jadi jumlah ukuran file yang tersedia di dalam komputer anda itu adalah ukuran yang sama yang akan anda gunakan di dalam kapasitas penyimpanan web hosting setelah anda melakukan upload.

Fungsi Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan mempunyai 2 fungsi dasar. Pertama, ini memungkinkan anda untuk menyimpan file secara online di world wide web atau www. Penyimpanan ini akan memungkinkan file anda diakses dari seluruh dunia. Kedua, penyimpanan ini juga memungkinkan anda menyimpan file-file yang tidak akan bisa dilihat oleh pengunjung website, tapi memegang peranan penting untuk berfungsinya website anda.

Ada beberapa file lainnya yang juga mengambil tempat dari kapasitas ruang penyimpanan data untuk website anda. File-file tersebut adalah file log yang menyimpan data aktifitas pengunjung di website anda. Email juga termasuk file yang akan memakai kapasitas penyimpanan dari nama domain anda di dalam server.

Karena kapasitas penyimpanan ini bisa sangat mahal untuk sebagian besar pemilik website, maka sebaiknya anda tidak menyimpan data yang ukurannya besar di server anda sendiri. Misalnya anda mau menyimpan file film atau file software untuk kebutuhan download pengunjung anda, maka sebaiknya anda menyimpannya di website-website yang menyediakan jasa hosting file seperti ini. Ini juga akan menghemat penggunaan bandwidth dari web hosting anda.
 

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.